Sekarang Masyarakat Bateng Perpanjang SIM Cukup Dirumah

oleh

SILETPOS.COM, KOBA – Diperayaan HUT Bhayangkara ke-74 jatuh tanggal 1 Juli 2020, mulai sekarang Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Bangka Tengah (Bateng) cukup dari rumah, SIMnya akan sampai sesuai alamat.

Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady Purnomo S.IK SH MH melalui Kabag ops, AKP Yudha Wichaksono mengatakan saat ini Korlantas Polri melakukan adaptasi tatanan kehidupan baru (New Normal) tanpa kehadiran pemohon ke Satpas SIM Internasional Korlantas Polri, Jakarta. Hal serupa juga di terapkan oleh Polres Bateng, pemohon yang hendak memperpanjang SIM tidak perlu datang ke Satlantas Polres Bateng.

“Sekarang kita memanfaatkan jasa pengiriman untuk mengirim buku SIM Internasional ke alamat rumah pemohon,” kata AKP Yudha, Sabtu (4/7).

Adapun cara yang dapat dilakukan para pemohon yaitu pemohon bisa mengakses www.siminternasional.korlantas.polri.go.id atau cukup menulis kata kunci SIM Internasional melalui browser di handphone atau komputer.

Kemudian melakukan registrasi online dengan melakukan pengisian data diri:
✅ upload foto SIM yang masih berlaku
✅ upload foto KTP
✅ upload foto Paspor
✅ upload foto KITAP khusus WNA
✅ upload pas foto dengan warna latar belakang putih
✅ upload foto tanda tangan

“Selanjutnya silahkan pilih cara pengambilan SIM Internasional, diambil sendiri di kantor pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman ekspress,” ungkap AKP Yudha.

Setelah data lengkap, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembayaran PNBP SIM Internasional dan jasa pengiriman.

“Bukti pembayaran akan dikirim melalui email. Pembayaran dapat di lakukan secara Non tunai Melalui ATM, M-Banking, Internet Bangking maupun setor tunai pada Bank,” ulas AKP Yudha.

Setelah itu, lanjut AKP Yudha pemohon melakukan pembayaran, petugas di kantor pelayanan SIM Internasional akan menerima konfirmasi secara elektronik, kemudian petugas akan
melakukan Verifikasi dan Validasi data pemohon serta melakukan Indentifikasi data.

“Jika persyaratan lengkap dan sesuai maka petugas akan melakukan pencetakan Buku SIM Internasional, kemudian melakukan pengiriman sesuai pilihan pemohon,” katanya.

AKP Yudha menjelaskan bahwa bagi pemohon yang telah melakukan pembuatan SIM Internasional secara online, dapat memberikan penilaian pelayanan dengan memberikan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dapat di akses langsung melalui website SIM Internasional.

“Proses cepat, tunggu dirumah saja,” pungkasnya. (Ari)

 164 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.